Pengantar Layanan Cloud Microsoft

by S. Sumitro 97 views 4

Microsoft Cloud adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada portofolio produk dan layanan yang berkembang dari Microsoft yang dirancang untuk memberikan infrastruktur sebagai layanan di internet. Singkatnya, ini adalah pengaturan di mana Microsoft menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, layanan cloud, dan penyimpanan cloud sebagai platform untuk mengirimkan dan mengelola hampir semua aplikasi, terlepas dari perangkat keras atau perangkat lunaknya. Misalnya, spreadsheet Word atau Excel apa pun yang mungkin ingin Anda kerjakan dapat diakses dari perangkat apa pun, meskipun melalui koneksi internet yang lambat atau "virtual". Keindahan pengaturan ini adalah Anda dapat menggunakan perangkat lunak apa pun dari Microsoft yang telah Anda beli atau mungkin ingin Anda beli, secara gratis. Ini dilakukan melalui browser web dan kata sandi umum.

Microsoft Cloud tidak berbeda dengan pengaturan cloud lainnya: ini adalah cloud publik atau pribadi, berdasarkan platform apa pun yang sesuai dengan kebutuhan Anda (misalnya, Anda dapat menggunakan layanan cloud Microsoft untuk menjalankan server email dan mengelola data Anda, sambil menggunakan on- situs infrastruktur fisik untuk melakukan hal-hal lain). Namun, dalam hal fungsionalitas dan kecepatan untuk menyelesaikan sesuatu, tidak ada yang menandingi cloud pribadi Microsoft. Dengan cloud pribadi, Microsoft telah mengembangkan dan memelihara infrastrukturnya sendiri untuk menjalankan dan memelihara berbagai beban kerja. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menyewa server dan membeli perangkat keras dalam jumlah besar. Anda dapat menggunakan perangkat lunak apa pun yang sudah diinstal sebelumnya pada mesin yang Anda gunakan untuk menjalankan email, proses bisnis, dan aplikasi lainnya - selama mesin tersebut memiliki browser yang dapat diakses melalui internet.

Personal Cloud berbeda dari solusi yang dihosting internal karena fleksibel dan dapat diskalakan, serta memiliki lebih banyak fleksibilitas daripada solusi internal. Mereka juga hadir dengan fitur unik mereka sendiri, seperti opsi penagihan, dukungan untuk perangkat seluler, alat pemasaran, dan bagi hasil dengan jaringan mitra. Dengan jaringan mitra, Microsoft dapat membagi pendapatan dengan perusahaan lain yang terdaftar di bawah grup saluran Microsoft yang sama. Ini berarti bahwa Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan persentase yang lebih besar dari keseluruhan volume awan, meskipun persentase yang tepat bervariasi menurut jaringan mitra dan lini produk. Dan karena cloud secara efektif merupakan layanan terkelola, biasanya tidak perlu modal awal, dan tidak perlu khawatir tentang manajemen atau biaya tambahan.

Salah satu manfaat utama menggunakan layanan cloud Microsoft adalah kemampuan untuk membangun solusi yang lebih khusus dengan kontrol yang lebih besar daripada salah satu dari banyak opsi serupa yang tersedia di pasar terbuka. Kemampuan untuk memilih dan mengelola sejumlah opsi memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan kesempatan untuk membuatnya bekerja untuk Anda. Misalnya, jika perusahaan Anda perlu menjalankan serangkaian aplikasi Windows, maka model internal masuk akal, tetapi jika Anda hanya perlu dapat mengakses data dari browser tertentu, atau pada salah satu dari beberapa platform tertentu, maka menjadi pribadi sangat masuk akal. Ada banyak skenario di mana pelanggan dapat memperoleh manfaat dari kemampuan melakukan bisnis dengan basis yang lebih disesuaikan dan memiliki kontrol lebih besar atas alat yang menjalankan data mereka.

Keuntungan lain menggunakan layanan cloud Microsoft adalah penghematan biaya. Komputasi awan cenderung lebih murah per semer daripada perangkat lunak lokal. Tetapi beberapa faktor dapat mempengaruhi perbedaan biaya ini dan beberapa di antaranya tidak dapat diukur dengan mudah. Misalnya, meskipun sistem lokal cenderung menggunakan lebih banyak data dan daya pemrosesan, sistem tersebut juga cenderung kurang fleksibel dalam hal penggunaan, dan mungkin memiliki lebih sedikit masalah manajemen terkait keamanan.

Jadi, baik Anda mencari layanan cloud Microsoft lokal atau cloud publik biru, ada keuntungan yang signifikan. Anda akan menghemat uang untuk beberapa solusi, memiliki kontrol yang lebih besar atas infrastruktur Anda sendiri, dan dapat mengirimkan dan menggunakan aplikasi Anda dengan lebih efisien, sambil tetap sepenuhnya mobile dan fokus pada bisnis Anda. Pilihan ada padamu! Namun, konsultan terkemuka dengan pengalaman di kedua jenis komputasi harus dikonsultasikan untuk membantu Anda memahami pilihan cloud mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda.