Keuntungan Dan Kerugian Dari Komputasi Awan (Clod Computing)

by G. Kemal 234 views 4

Clod adalah suatu istilah penyebutan yang merujuk kepada cloud, yaitu sebuah layanan komputasi berbasis nirkabel yang disimpan diserver pemilik jaringan. Jika Anda melakukan pekerjaan melalui jaringan internet atau menggunakan semua jenis aplikasi yang memerlukan layanan cloud atau clod, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang cara kerjanya. 

Komputasi awan atau clod cumputing hanyalah ketersediaan daya komputasi dan sumber daya komputer, terutama sumber daya jaringan komputer, tanpa kontrol pengguna yang aktif. Jaringan cloud besar sering kali memiliki beberapa komponen yang tersebar secara geografis yang beroperasi di beberapa node, setiap node menjadi pusat data virtual. Anda mungkin membayangkan jaringan ini mirip dengan jaringan utilitas di mana tenaga listrik berasal dari beberapa jalur transmisi, tetapi sebaliknya. Alih-alih listrik pergi dari grid pantai timur ke grid pantai barat, itu benar-benar keluar dari grid pantai barat dan ke grid timur.

Saat Anda meminta informasi dari penyedia layanan, Anda akan dikirim permintaan tersebut ke pusat data jarak jauh. Penyedia layanan jarak jauh ini akan memiliki platform operasi yang berinteraksi dengan internet dan mesin fisik di jaringan lokal Anda untuk mengambil data yang diminta. Server pusat data bertindak sebagai 'otak' di balik cloud. Mereka mempertahankan koneksi berkualitas tinggi ke server dan kumpulan penyimpanan dan mereka terus-menerus memastikan semua perangkat lunak yang diperlukan berjalan dan mesin dihidupkan. Karena penyedia layanan memelihara semua infrastruktur yang diperlukan oleh aplikasi Anda, Anda tidak perlu khawatir dengan pemeliharaan perangkat keras apa pun, bahkan jika Anda memutuskan untuk memindahkan sebagian beban kerja Anda ke mesin fisik baru.

Selain mudah digunakan, layanan cloud memberikan keandalan yang sangat baik. Anda tidak perlu khawatir aplikasi Anda mogok secara teratur. Bahkan jika perangkat keras di pusat data Anda mati, Anda akan dapat dengan mudah memulihkan data Anda menggunakan browser web. Faktor keandalan ini menjadikan komputasi awan sebagai pilihan ideal untuk bisnis yang menggunakan banyak komputer dan bagi pelanggan yang ingin memastikan bahwa aplikasi mereka selalu tersedia.

Namun, komputasi awan masih memiliki kekurangan. Masalah terbesar yang dihadapi pengguna layanan cloud adalah kelebihan kapasitas. Jika Anda mulai menggunakan terlalu banyak penyimpanan, Anda mungkin menemukan bahwa aplikasi Anda memakan terlalu banyak ruang di kumpulan penyimpanan Anda dan Anda tidak akan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Jika penyedia layanan cloud yang Anda putuskan untuk digunakan menyediakan kapasitas tak terbatas, maka Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak dapat memenuhi permintaan penyimpanan Anda.

Masalah besar lainnya adalah keamanan. Keamanan adalah sesuatu yang penting untuk setiap jenis akses internet tetapi sangat penting ketika menggunakan cloud (dibaca clod). Di cloud, Anda memiliki kontrol penuh atas aplikasi apa yang dapat diakses pengguna dan mereka dapat membaca dan menulis ke file di tempat yang tidak aman. Jika terjadi kerusakan sistem, satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan adalah apakah Anda telah mencadangkan data atau tidak.

Di sisi lain, komputasi awan menyajikan keuntungan yang signifikan tetapi juga memiliki beberapa kelemahan. Layanan cloud cenderung lebih mahal karena Anda tidak secara fisik berada di server tempat aplikasi di-host. Akibatnya, Anda mungkin diminta untuk memberikan keamanan yang lebih besar untuk memastikan bahwa semua data Anda aman. Anda juga harus menunggu koneksi internet tersedia jika ingin menggunakan layanan cloud.

G. Kemal

I am professional blogs and article writer, copywriter and scriptwriter to the world. From website copy to product descriptions, crowdfunding campaigns, video scripts in all forms, and so much more.