Cara Meningkatkan Click Through Rate (CTR) Anda Dengan AdWords

Google

by S. Sumitro 116 views 4

Jika Anda baru mengenal pemasaran internet atau sudah lama bekerja, Anda mungkin pernah mendengar tentang AdWords. Google AdWords adalah platform pemasaran internet yang dikembangkan oleh Google, di mana pengiklan menawar kata kunci untuk menampilkan iklan promosi singkat, penawaran produk, atau testimonial pribadi di depan browser web. Itu dapat menampilkan iklan baik pada hasil sponsor dari mesin pencari lain seperti Google Search dan di situs non-pencarian, aplikasi, dan video. Ada berbagai kiat dan rahasia untuk membantu Anda memaksimalkan anggaran iklan dengan AdWords.

 

Salah satu cara untuk mengukur efektivitas sebuah kampanye dalam adwords adalah dengan menggunakan CTR atau Click Trough Rate. CTR adalah sebuah rasio yang membandingkan jumlah jumlah klik pada iklan yang anda buat terhadap dengan frekuensi penayangannya (impression). Sebagai contoh, jika Anda memiliki 10 klik dan 500 tayangan, maka CTR Anda adalah 2%. Semakin tinggi nilai CTR anda, maka semakin efektif atau semakin baik kualitas iklan yang anda buat.

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang anda dapat pertimbangkan untuk meningkatkan kualitas CTR iklan anda:

1.     Identifikasi CTR setiap kampanye yang anda buat, lalu buat prioritas kampanye mana yang akan mulai anda perbaiki lebih dahulu.

2.     Lakukan eksperimen dan testing dengan berbagai format iklan.

3.     Buat copywrting atau Bahasa iklan yang menarik serta menggunakan kata – kata yang dapat menjangkau keterikatan emosional dengan target pemirsa.

4.     Buat grup kata kunci yang terkait erat satu sama lain.

5.     Hindari kata kunci yang berpotensi konflik atau saling mengkanibalisasi satu dengan yang lainnya.

6.     Gunakan Judul Iklan yang Kreatif

7.     Manfaatkan URL Deskriptif.

8.     Manfaatkan iklan PPC untuk meningkatkan CTR organik.

 

Salah satu kiat AdWords terbaik yang akan membuat perbedaan nyata dalam CTR anda adalah memastikan bahwa laman tujuan (landing pege) anda memiliki skor kualitas tinggi. Google AdWords akan melihat skor kualitas landing page saat menentukan jumlah klik pada setiap iklan anda. Semakin tinggi skor kualitas landing page, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan klik pada iklan Anda. Google juga melihat jumlah uang yang akan Anda bayarkan pada deposit pembayaran iklan. Hal ini berarti semakin banyak uang yang terdoposit dalam akun adwords anda, maka potensi iklan tayang akan semakin banyak.