Apa itu GCP?

Google

by G. Kemal 90 views 4

Google Cloud Platform atau disingkat GCP adalah standar komputasi jaringan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk bertukar aplikasi melalui internet tanpa memerlukan perangkat keras komputer yang mahal. Penampung Virtual GCP memberikan paralelisme, kinerja, dan keamanan tingkat tinggi ke sistem tanpa menghabiskan banyak sumber daya. Ini telah memungkinkan organisasi dan perusahaan untuk menggunakan platform cloud Microsoft secara efektif dan dapat memperoleh manfaat dari biaya komputasi sesuai permintaan. GCP memungkinkan penerapan aplikasi di cloud, yang membantu organisasi mendapatkan platform pengembangan perangkat lunak penting dengan pengurangan biaya dan manajemen TI. Organisasi dapat memperoleh manfaat dari rendahnya biaya penyediaan infrastruktur serta perangkat lunak dan kapasitas penyimpanan, yang selanjutnya memastikan biaya pemeliharaan dan overhead yang rendah.

Jika Anda memiliki pengalaman dengan bisnis yang menggunakan berbagai aplikasi dan jaringan untuk memberikan teknologi terkait bisnis kepada pelanggan mereka, maka Anda sudah tahu apa itu GCP dan apa yang bukan. Misalnya, dalam skenario GCP tradisional, tim TI organisasi akan menerapkan berbagai aplikasi dan layanan cloud untuk memberikan solusi yang dihosting kepada pelanggan mereka melalui Internet. Masalah dengan pendekatan ini adalah bahwa sistem TI organisasi dan karyawan semuanya tersebar di seluruh dunia dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan teknologi yang berbeda. Ini pasti menyebabkan banyak masalah integrasi teknis yang pada akhirnya menyebabkan banyak waktu terbuang.

Google Cloud Platform, yang disediakan oleh Google, memecahkan masalah ini dengan menyediakan platform cloud bagi organisasi yang berjalan persis seperti infrastruktur internal Google tetapi dapat diakses dari komputer mana pun dengan koneksi internet. Banyak bisnis seperti Avaya, Sun, Cisco, Microsoft, Amazon, dan lainnya telah mengumumkan bahwa mereka menggunakan Google Cloud Platform dan melihat penghematan biaya yang besar, manfaat operasional, dan banyak lagi. Untuk menggunakan layanan ini, pertama-tama Anda harus mendaftar akun dengan Google dan kemudian meminta Anda bergabung dengan komunitas aplikasi yang dihosting organisasi yang disebut Komunitas Google Cloud Platform. Anda dapat membuat profil dan mulai berpartisipasi dalam diskusi online tentang GCP. Setelah masuk ke Komunitas Google Cloud Platform, Anda dapat dengan mudah menemukan dan terhubung dengan profesional lain yang berada di seluruh dunia. Google Cloud Platform menyediakan alat pengembangan sumber terbuka, yang memungkinkan Anda membuat aplikasi dan menjalankannya di Google Cloud Platform tanpa harus mempelajari keterampilan pemrograman atau pengembang apa pun.

Keuntungan lain dari GCP adalah menawarkan kemampuan untuk memindahkan aplikasi ke cloud tanpa harus mengubah kebijakan penyimpanan data Anda. Jika Anda adalah organisasi yang perlu mengurangi biaya, membeli perangkat keras tambahan, atau menghabiskan banyak uang untuk infrastruktur komputasi Anda tetapi tidak dapat mengurangi kebijakan penyimpanan data, maka GCP mungkin cocok untuk Anda. Banyak bisnis saat ini beralih ke model bayar sesuai pemakaian, yang berarti bahwa pelanggan hanya membayar jumlah penyimpanan yang digunakan, bukan setiap bulan. Ini berarti bahwa bisnis dapat membeli penyimpanan sebanyak yang mereka butuhkan pada waktu tertentu, daripada menjadi dibebankan bulanan. Jika bisnis Anda menggunakan banyak penyimpanan, maka beralih ke model bayar sesuai pemakaian akan membantu Anda mengelola anggaran dengan lebih baik.


G. Kemal

I am professional blogs and article writer, copywriter and scriptwriter to the world. From website copy to product descriptions, crowdfunding campaigns, video scripts in all forms, and so much more.